Ngenes !!! Bayaran fotografer pemula pasti ini



Mungkin untuk kalian yang sudah mempunyai penghasilan dari menjadi fotografer akan merasakan kesamaan dengan isi artikel ini , atau mungkin lebih ngenes hehe . Ya kali ini kita akan membahas bayaran fotografer yang masih pemula dan ini umumnya hampir di rasakan semua fotografer loh . Untuk kalian yang akan terjun di dunia fotografi untuk menghasilkan pendapatan , kalian harus siapkan kesabaran ya . Semua membutuhkan proses begitu juga dengan fotografer , ketika masih minim pengalaman biasanya fotografer akan menerima job job yang masuk kepadanya untuk bahan dia berlatih dan memperbanyak jam terbang . Tapi dibalik itu semua ini ada cerita ngeses seorang fotografer pemula :

1.Bayaran rendah minta hasil bagus 

Hal ini sering terjadi karena client menganggap fotografer pemula yang minim pengalaman tentunya juga bayarannya rendah . Nah meskipun sang fotografer menerima tawaran tersebut karena untuk menambah job dia , tapi dia paling kesal loh kalo udah bayarannya rendah dan minta hasil yang bagus seakan bayarannya fotografer ternama . Meskipun dalam berkerja seseorang dituntut untuk maksimal namun tak semua fotografer dengan bayaran rendah bisa mewujudkan itu , karena harga alat dan peralatan yang mahal dan tentunya biaya proses editing tak sebanding dengan apa yang mereka dapatkan . Yah untuk fotografer pasti hal ini menjadi masalah tiap hari , tak hanya fotografer pro saja fotografer pemula akan ngenes juga loh .

2.Cuma dibayar makan atau tiket masuk obyek

Nah ini nih yang bikin seorang fotografer tambah ngenes , banyak yang merasakan pengalaman ini pasti . Saat ini masih banyak orang yang kurang menganggap jasa fotografer , terkadang mereka hanya akan membayarnya dengan makan atau tiket masuk obyek saja . Yang penting bagi mereka adanya rasa membalas jasa fotografer , ya memang hal ini sudah cukup dirasa sebagai bentuk balas budi tapi dibalik itu semua sang fotografer ngenes loh . Fotografer tak hanya meluangkan waktunya untuk melayani client , dia juga mengorbankan gear atau alatnya juga dan belum lagi waktu untuk editing . Nah itu semua akan sangat tidak sebanding jika hanya dibayar dengan makanan atau tiket saja loh , kasihan kan . Tapi tunggu dulu jika itu semua sudah menjadi keinginan fotografer dan sudah sesuai dengan kesepakatan ya tentunya beda ya .

3. Paling ngenes adalah dibayar dengan ucapan "TERIMA KASIH"

Ini nih yang paling ngenes paling apes untuk seorang fotografer . Ketika dia diminta untuk memotret dan eh taunya cuma dibalas dengan ucapan terima kasih , hancur sudah sang fotografer haha .  Bayaran dengan terima kasih ini atau alias gratis sering banget diterima seorang fotografer pemula , ya karena memang minimnya pengalaman fotografer pemula akan membuat malu dia untuk menentukan harga jasanya , dan hal itu lah yang membuat bayaran seperti ini sering terjadi . Untuk kalian yang pernah merasakan pengalaman bayaran ini pasti dalam hati kalian perasaan sudah campur aduk antara emosi , kesal , marah , sabar menjadi satu hehe .

Nah itu tadi beberapa bayaran Ngenes untuks seorang fotografer , untuk kalian yang pernah mengalami hal tersebut silahkan bagikan pengalaman kalian di komentar . Aku pengen tau seberapa ngenes bayaran kalian itu ? Dan untuk yang merasa ini menjadi wawasan yang menarik seilahkan bagikan konten ini ya .

Tampilkan Komentar