Tips mengatasi lembab agar lensa tidak berjamur dengan biaya murah


Mengatasi jamur pada kamera maupun lensa merupakan hal wajib bagi seorang fotografer . Lembab yang mucul bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada alat alat penting mereka termasuk pada lensa dan kamera . Lensa dan kamera yang harganya mahal tentunya akan sangat disayangkan kalo terkena jamur . Karena jika terkena jamur harga jualnya pun akan turun drastis , dan bahkan jamur ini bisa sampai mempengaruhi hasil foto loh , jika sudah sangat menyebar .

Nah kali ini nafik.id akan memberikan sebuah trik mudah dan murah untuk menjaga peralatan kalian termasuk lensa dan kamera agar terhindar dari jamur . Biaya yang kalian keluarkan pun cukup murah loh , jika kalian terhalang budget untuk membeli silica gel dan drybox yang harganya cukup mahal , kalian pantas melakukan cara ini .

Tips Mengatasi Lembab Agar Lensa Kamera tidak berjamur

1. Carilah wadah yang berukuran cukup besar dan kedap udara .
Jika kalian masih bingung dengan maksud ini , simpelnya silahkan kalian cari wadah wadah seperti toples atau yang lain yang kedap udara . Biasanya jika kalian suka menyimpan makanan dalam wadah toples besar , biasanya agar awet wadahnya kan harus kedap udara . Nah toples yang seperti itu bisa kalian gunakan untuk menyimpan kamera dan lensa kalian loh . Kedap udara tentunya akan membuat jamur tidak berkembang dengan cepat dalam wadah itu , bahkan jamur juga bisa dibilang tidak bisa tumbuh juga ya , jika kalian melakukan penuyimpanan dan perawatan yang benar . Nah rekomendasi admin , jika kalian tidak mempunyai toples seperti itu , silahkan mencoba ke supermarket terdekat kalian , silahkan kalian mencari toples yang kedap udara (biasanya ada seal karet di penutupnya) . Silahkan cari dengan ukuran yang cukup besar agar mampu menampung kamera dan lensa kalian ya . Nah rekomendasi yang bagus adalah merek Lion Star (bukan sponsor ya) . Jika kalian memiliki budget berlebih kalian juga bisa memilih drybox langsung .

2. Sediakan penyerap lembab di dalam wadah.
Ketika mencari penyerap lembab ini pasti yang ada dalam pikiran kalian adalah silica gel . Nah silica gel ini memang sangat berguna loh untuk menyerap lembab , tapi untuk kalian yang kesulitan mendapatkan silica gel ada rekomendasi dari admin yaitu memakai Penyerap lembab seperti bagus SERAPAIR , atau sejenisnya (bukan sponsor lagi ya ) . Penyerap ini bisa kalian dapatkan dengan mudah kok di toko-toko dan supermarket simpel juga penggunaannya membuat admin juga pakek trik ini kok . Penyerap lembab ini silahkan kalian tempatkan di wadah bersama lensa dan kamera kalian , agar lembab yang terdapat di wadah terserap oleh penyerap ini , sehingga akan meminimalisir timbulnya jamur akibat lembab . Jangan lupa juga jika kalian berpergian di tempat yang suhu ekstrim seperti pegunungan kalian wajib untuk menggunakan penyerap lembab .

3. Tempatkan di tempat yang aman , dan hangat 
Maksudnya adalah setelah kalian menyiapkan 2 poin diatas , tentunya kalian juga jangan langsung seenaknya meletakan wadah ini dilantai atau di tempat tempat yang tidak aman . Suhu lantai yang dingin tentunya kurang baik jika diletakan langsung dilantai . Paling tidak kalian harus meletakan alas dulu agar tidak langsung tersentuh lantai . 

4. Selalu lakukan perawatan pada lensa dan kamera
Selalu melakukan perawatan selain mencegah timbulnya jamur , juga dapat menghindarkan kamera dari kotoran kotoran yang dapat menggangu fungsi lensa dan kamera . Jika lensa terlalu kotor dengan debu , percikan air , noda dll silahkan bersihkan dengan cleaning kit set . Hal ini agar fungsi dari lensa tidak terganggu sehingga hasil foto tetap bagus . Jamur juga dapat tumbuh ketika pemakai lalai tidak melakukan perawatan loh .

Ke empat tips diatas adalah tips simpel dan tentunya murah yang kalian bisa terapkan loh . Ingat jika jamur sudah timbul maka harga dari barang kalian akan turun drastis , jadi jangan sepelekan masalah jamur ya . 


Tampilkan Komentar