Cara agar terhidar dari penipuan jual beli online terbaru 2017

Oleh:   Dimas Nafik Dimas Nafik   |   6/05/2017 09:45:00 PM
Akhir akhir ini dunia menjadi media paling mudah untuk melakukan penipuan , banyak penipu dengan berbagai modus salah satunya adalah menjual kamera bekas dengan embel embel kata butuh uang . Nah hal ini patut untuk diwaspadai oleh calon calon pembeli kamera bekas , karena tingkat penipuan online kasus seperti ini sudah banyak terjadi . Kemarin sebuah grup facebook ada kiriman bahwa telah tertipu jual beli kamera , nominalnya pun juga cukup lumayan yaitu 2,7 juta . Penipuan semacam ini sangat gampang kita temui di forum jual beli kamera ataupun barang barang lainnya . Nah kali ini pihak nafik id memberikan tips agar teman teman semua waspada penipuan jual beli kamera bekas :

1.Jangan tergiur dengan iklan harga murah 
Dengan harga yang sangat murah , penjual berusaha menipu orang orang yang kurang paham dengan kamera , maka tak jarang orang yang tidak mengetahui detail harga barang terpikat dengan harga murah yang ditawarkan terlebih lagi dengan embel embel butuh uang . Nah yang perlu teman teman waspadai adalah selalu cek harga pasaran barang tersebut dahulu , jika barang tersebut mempunyai harga yang sangat murah maka wajib waspada , namun belum tentu juga itu penipuan maka simak poin selanjutnya .

2.Penipuan semacam jual beli kamera bekas atau hp dan lainnya biasanya menggunakan BBM
Penipu menggunakan aplikasi BBM untuk berkomunikasi dengan peminatnya , disini penjual hanya memberikan kata kata manis diiklannya yang selanjutnya mereka memberikan sebuah kontak untuk bisa dihubungi dan itu biasanya kontak BBM . Kenapa mereka menggunakan BBM ? alasan cukup simpel adalah ketika mereka melancarkan aksinya , dan berhasil maka dia akan dengan mudah menghilangkan jejaknya , karena bisa langsung memblokir kontak korbannya dan semuanya pun hilang dari chatnya menyakinkan korban , dll . Namun semakin ketahuan penipuan melalui BBM ada juga yang menggunakan aplikasi lain seperti WA dan Line . Maka dari itu baca point selanjutnya

3.Ketika benar benar berminat , maka ajaklah untuk transaksi melalui REKBER
Semakin majunya perkembangan dunia online banyak pula transaksi secara online untuk membeli suatu barang . Demi keamanan maka adalah metode rekber . Rekber yang populer adalah bukalapak , tokopedia , shopee , dan lainnya . Nah jika teman teman berminat dengan produk yang ditawarkan , maka cobalah untuk mengajak rekber , jangan mau jika tanpa rekber . Dengan rekber maka dana kita akan aman sampai barang datang . Biasanya penjual / penipu akan meyakinkan untuk tanpa rekber karena dia udah sering transaksi dan aman atau alasannya dia gatau rekber dll . Abaikan bujukan penjual yang mau berniat menipu itu meskipun dia berani memberikan data dirinya.

4.Jangan tergiur dengan data yang diberikan penjual 
Penipu biasanya akan memberikan data dirinya seperti foto ktp,sim, atau tanda pengenal lainnya . eiits namun kalian jangan percaya dulu dengan bukti seperti ini . Semakin kesini banyak pula penipu yang memanfaatkan keahliannya untuk memanipulasi data baik ktp , sim dll . Dengan editing semua bisa tertipu dengan mudah maka jangan percaya . Namun tidak semua data diri mereka palsu lo , bahkan ada juga yang asli jika kita cek . Nah mereka memberikan data asli ini , bisa juga mereka memanfaatkan biodata milik orang lain lo , jadi menggunakan ktp , sim milik orang lain . Hal itu semakin menjadi jebakan buat kalian karena jika kalian lengah maka kalian akan tertipu , maka berhati hatilah

5.Selalu cek reputasi sellernya 
Jika seller itu merupakan seller baru maka akan lebih baik jika kalian mengecek reputasinya , dan akun akun media sosialnya . Biasanya seorang yang sudah terpecaya maka akan muncul testimoni , dan mempunyai akun akun yang benar benar original miliknya . Kalian bisa melakukan pengecekan dengan menuliskan nama penjual di laman google maka akan muncul data data yang bisa kalian manfaatkan . Dari situlah kita juga tau tentang si seller baik dari akun media sosial yang muncul atau dari lainnya . Jika seorang penipu biasanya mereka tidak punya track record yang jelas maka wajib berhati hatilah . Namun jika mereka beralasan masih baru dalam jualan online , maka tetap saya sarankan untuk rekber .

6.Jangan pernah mengirimkan data kepada penjual 
Banyak penjual yang merasa gagal untuk meyakinkan calon pembelinya maka dia akan memberikan kemudahan bagi pembelinya yang seolah olah mereka tidak akan berniat menipu , padahal sebenarnya ini merupakan skenario mereka . Misalnya jika penjual sudah kesulitan meyakinkan maka dia meminta data diri korbannya seperti foto ktp,sim dll dengan alasan barangnya akan mereka kirim dahulu tidak apa apa biar nanti korbannya percaya . Secara tidak sadar sebenarnya kalian jika sudah memberikan foto data diri anda , maka anda sedang dalam bahaya . Bahaya akan timbul jika data diri anda digunakan untuk melakukan penipuan ke korban lainnya , maka anda bisa yang tertuduh melakukan penipuan . Maka selalu jaga data diri kalian

dan tips terakhir,

7.Jangan mau diperintah penjual 
Penjual tak jarang menyuruh hal hal aneh kepada pembelinya , mereka menyuruh ke atm memasukan kode dll yang nantinya justru itulah tindakan mencuri uang dari korbannya . Maka jika muncul perilaku penjual yang memerintah sesuatu yang tidak kita kenal sebaiknya abaikan perintah itu dan jangan melakukannya . Untuk lebih detalnya nafik id memberikan tips agar kalian jangan mudah percaya dengan transaksi menggunakan mandiri e-cash . Karena metode ini paling sering digunakan untuk penipuan seperti ini .

Nah itu tadi ada beberapa tips agar kalian menjadi hati hati dalam transaksi jual beli online baik . Sudah banyak barang yang dijadikan bahan penipuan baik dari kamera , smartphone / hp dll. Selalu waspada teman teman . Bagikan artikel ini agar yang lain juga tau dan berhati hati .

Cara terhindar penipuan online , penipuan online , agar tidak tertipu , tips belanja online

Tampilkan Komentar