Kenapa lensa fix 50mm banyak dipilih ? ini alasannya

Oleh:   Dimas Nafik Dimas Nafik   |   3/19/2017 10:43:00 PM
Punya kamera dslr atau mirrorless tentunya buat kamu makin ingin untuk mencoba hal hal baru , salah satunya adalah buat foto bokeh . Foto bokeh ini adalah foto yang memiliki blur di bagian bagian yang dipilih , seperti saat foto model terkadang bagian belakang dari model tersebut nampak blur nah itulah yang biasa disebut bokeh . Taukah kalian bahwa buat foto bokeh itu tak sulit lo , cukup simpel dan tidak membutuhkan budget yang terlalu banyak .

Dengan Lensa 50mm dengan f 1.8 atau 1.4 kalian bisa membuat foto bokeh yang bagus lo , lensa ini wajib buat kalian para pecinta bokeh . Entah kamera canon , nikon , sony , fujifilm dll lensa dengan focal length ini sangat wajib untuk menjadi pelengkap lensa para fotografer . Dengan focal length seperti ini akan terasa cukup nyaman , apabila dipasang dengan kamera crop sensor maka akan serasa tele pendek namun jika dipasang di kamera fullframe akan standar .

Lensa 50mm dengan tipe fix ini kenapa wajib bagi para fotografer baik pemula atau profesional karena berbagai macam alasan . Apa yang menjadikan alasan kalian harus memiliki lensa ini , simak dibawah ini :

1.Murah
Lensa fix 50mm merupakan lensa fix penghasil bokeh dengan budget yang terjangkau bagi para fotografer . Namun dengan budget yang terjangkau lensa ini mampu menghasilkan foto yang bagus tidak kalah dengan lensa mahal mahal lainnya . Lensa fix ini cenderung menjadi pilihan karena keterbatasan dana tidak menjadi penghalang untuk terus berkarya , salah satunya dengan membeli lensa fix ini . Harga lensa fix ini berkisar 1 jutaan untuk canon dan 2 jutaan untuk nikon . Perbedaan memang terdapat diantara 2 brand ini , namun pada dasarnya lensa ini sangat penting masuk daftar lensa yang harus dimiliki .

2.Hasilkan Foto Tajam
Dengan lensa ini kalian akan mendapatkan foto foto yang lebih tajam lho , tidak percaya ? silahkan buktikan sendiri . Foto tajam ini dihasilkan karena kualitas optik pada lensa ini cukup baik , sehingga hasil yang dihasilkan pun juga lebih baik . Efek tajam ini juga akibat efek blur yang ditimbulkan . Selain itu produsen produsen lensa telah menjadikan lensa fix dengan focal length 50mm menjadi lensa yang harus diproduksi atau wajib secara tidak langsung lensa ini merupakan lensa yang telah teruji .

3.Andalan Kondisi Gelap
Lensa fix 50mm dengan f1.8 menjadi lensa yang sangat membantu kalian jika pemotretan pada tempat yang kurang cahaya . Dengan bukaan yang cukup besar maka memungkinkan lensa ini menjadi cukup enak jika digunakan pada kondisi yang agak minim cahaya . Dibanding lensa kit yang mempunyai f3.5 maka lensa ini punya bukaan yang lebih besar sehingga cahaya masuk juga lebih banyak . Dengan bukaan yang lebih besar maka secara langsung akan mengurangi penggunaan iso tinggi pada saat melakukan foto sehingga juga meminimalisir noise pada foto .

4.Buat bokeh mudah 
Dengan lensa fix 50mm f1.8 kalian akan mudah membuat foto bokeh lo . Pada bukaan 1.8 yang cukup besar inilah sebuah foto bokeh kalian mudah didapat , memang pada bukaan yang lain juga bisa menghasilkan foto bokeh namun pada bukaan inilah suatu bokeh yang halus akan muncul jika lensa kalian mempunyai bukaan f1.8, begitu juga jika f1.4 maka bokeh halusnya lagi akan berada di f1.4 . Semakin besar bukaan atau aperture suatu lensa maka semakin bokeh pula hasil dari lensa tersebut.

5.Keren untuk Foto Model
Banyak disekitar kita foto foto model dengan lensa ini loh , mereka memilih lensa ini karena karakter lensa ini yang bisa hasilkan foto bokeh dan tajam . Maka banyak dari fotografer memilihnya untuk gunakan foto model , dengan tujuan mereka ingin hasilkan foto bokeh pada model mereka . Sensasi bokeh inilah yang diinginkan beberapa fotografer dengan lensa fix 50mm ini lo .

Itu beberapa alasan simpel kalian harus miliki lensa fix 50mm , jadi buruan jadikan lensa 50mm menjadi lensa anda . Kalian bisa tambahin pendapat kalian di komentar tentang alasan pakai lensa 50mm ya .


Tampilkan Komentar