Trik mudah buat video stabil tanpa stabilizer saat merekam

Oleh:   Dimas Nafik Dimas Nafik   |   12/19/2016 03:00:00 PM

Videografi berkembang begitu cepat , banyak sekarang orang menghasilkan karya video yang bagus bagus. Semua itu tak lepas dari peran aplikasi editing editing mereka . Seperti film film eropa mereka menghasilkan karyanya dengan bagus bagus tak luput dari bantuan software . Taukah kalian bahwa dibalik sebuah video yang mereka ambil membutuhkan proses untuk editing yang tak mudah tentunya . Banyak hal yang mereka lakukan pada video mereka agar nantinya hasilnya sesuai yang diharapkan . Nah kali ini saya akan bahas tentang trik sederhana menjadikan video anda tampak stabil padahal ketika kalian merekam bisa jadi tanpa alat yang dinamakan “stabilizer kamera” . Alasan mendasar kenapa trik ini harus dicoba karena dengan trik ini nanti kalian bisa membuat video kalian lebih bagus dan enak ditonton.

Keterbatasan dana ketika tidak mampu membeli stabilizer kamera juga menjadi factor ketika kalian dihadapkan kondisi pas-pasan tapi hasil ingin maksimal . Kita tau sendiri harga untuk stabilizer kamera berkisar jutaan rupiah untuk yang kualitas agak lumayan . Untuk yang pro gak kebayang harganya bisa bikin kalian kaget .

Nah langsung saja , aplikasi yang aku gunakan adalah adobe premiere pro kalian bisa download di google atau download gratis adobe premiere pro full version disini . Adobe Premiere Pro adalah sebuah program penyunting Video berbasis non-linear editor (NLE) dari Adobe Systems. Itu adalah salah satu produk software dari AdobeCreative Suite, tetapi juga bisa dibeli sendirian (Wikipedia.org) . Dengan aplikasi ini kalian bisa membuat editing video sebagus mungkin , apabila kalian menekuninya lebih dalam .
Langsung saja menuju tutorialnya untuk menstabilkan video kalian  . Setelah kalian selesai menginstall aplikasi tersebut silahkan kalian jalankan aplikasi tersebut pada laptop atau PC kalian .   
1.  Masuk ke pilihan new project , kemudian set semua sesuai kenginan kalian jika belum paham cukup langsung klik ok saja terlebih dahulu .
 2.  Maka akan muncul tampilan aplikasi tersebut . Kemudian kalian masuk ke pilihan FILE kemudian NEW setelah itu atur SEQUENCE sesuai dengan apa yang kalian inginkan ( bila bingung maka cara ini bisa dilewati ) . Ketika kalian selesai import video nanti silahkan langsung drag video ke timeline editor maka sequence akan langsung menyesuaikan .



   
      3. Selanjutnya silahkan import video yang ingin kalian stabilkan setelah itu masukkan video ke timeline editor pada Adobe Premiere Pro yang kalian miliki , jika sudah kalian cari menu Effect dan ketik "warp stabilizer" di pencarian kemudian drag "warp stabilizer" ke video yang ada di timeline editor . Kalian bisa menemukan warp stabilizer di pilihan effect -> video effect -> distort -> warp stabilizer .
      4. Tunggu beberapa saat tergantung video yang kalian stabilkan , jika video berdurasi panjang maka akan lama pula prosesnya karena ini menganalyze per framenya . Jadi harap bersabar . Dibawah ini adalah gambar proses warp .


       5. Tutor selesai , nah mudah sekali bukan membuat video kalian tampak stabil . Perlu diingat ketika kalian merekam suatu video dan tanpa stabilizer usahakan kalian merekam dengan baik atau dengan kata lain tidak banyak goncangan pada saat perekaman . Goncangan yang kecil itu tidak masalah tapi jangan sampai guncangan yang berlebih karena nantinya akan menjadi buruk videonya karena pada proses effect ini akan terjadi cropping , stabilize , dan auto scale .


Nah sekian dulu tutorial dari www.nafik.id semoga tutorial kali ini bermanfaat buat kalian semua . silahkan coba tehnik ini siapa tau kalian menjadi videografi yang handal . Tapi tetep terus perbanyak pengetahuan dan jangan malas untuk belajar .

Tampilkan Komentar