Hal Yang Harus di Perhatikan Ketika Beli Kamera Bekas

Oleh:   Dimas Nafik Dimas Nafik   |   12/18/2016 11:48:00 PM

Semakin majunya teknologi saat ini , semakin banyak pula hasrat seseorang untuk menginginkan barang barang termasauk kamera baik dslr , prosumer , mirrorless , dll . Kamera dinilai saat ini sebagai barang wajib bagi sebagian kalangan anak muda , agar kekinian . Tapi banyak dari mereka yang masih belum paham tentang kamera maupun fotografi tapi pamer dengan gear mereka . Hal itu semua harusnya tidak terjadi . Nah kamera bekas dirasa menjadi jalan pintas untuk mendapatkan kamera dengan harga miring alias lebih murah dari pada harus beli baru . Kamera bukan barang murah jadi perhatikan baik baik beberapa tips dibawah ini agar tidak keliru atau salah dalam membeli kamera bekas



1.Cek dead pixel 

Cobalah untuk mengambil beberapa gambar dari kamera yang akan anda beli , silahkan perhatikan dengan baik hasil gambar dari foto yang anda telah ambil tadi . Jika menemukan beberapa area pada gambar tidak berwarna kemungkinan ada dead pixel , tapi jangan terburu buru cobalah untuk memasukan hasil gambar ke laptop atau PC sobat . Dari PC atau laptop tersebut tentunya akan lebih mudah untuk mencari bagian yang dinilai ada dead pixel . Hal ini akan memutuskan dead pixel hanya ada pada LCD atau sensor kamera tersebut 


2.Cek shutter count pada kamera 

Shutter count adalah jumlah berapa banyak shutter button (tombol rana) pada kamera telah di tekan atau dengan kata lain adalah jumlah foto yang telah dihasilkan oleh kamera. Sebenarnya tidak semua harus didasarkan pada sc (shutter count) seperti pernyataan beberapa fotografer kalau sc itu bukan masalah sebenarnya , jadi jangan takut sc tinggi bisa jadi kamera cepat rusak bahkan sc rendah pun juga bisa rusak . Kalau tidak mau sc tinggi , sebaiknya sehabis beli kamera , kameranya dibungkus saja gan hehe... Namun sc selalu jadi pertimbangan harga dalam jual beli kamera bekas . 


3.Cek debu pada sensor kamera

Cara ceknya dalah dengan melepas bagian lensa dari body kamera tersebut kemudian lihat pada sensornya apakah bersih atau ada debu /noda yang menempel . Tapi jangan sembarangan menyentuhnya ya gan . Untuk cek lebih lanjut silahkan ambil foto ke arah langit yg cerah dan lihatlah apakah ada noda tercetak pada foto tersebut .


4.Cek berbagai mode dalam kamera 

Ini harus dicek ya gan , silahkan kalian cek satu persatu mode yang disediakan dalam kamera yang ingin anda beli . Pastikan semua mode bisa dan tentunya tidak ada permasalahannya , jika ada saya sarankan untuk menunda dulu membeli kamera . Lebih baik nyari barang yang mulus saja gan .


5.Cek autofokus

Silahkan ambil beberapa foto untuk melakukan pengujian ini , apakah autofokusnya normal atau bermasalah . Silahkan ambil beberapa foto dengan tehnik tehnik dalam fotografi untuk menguji autofokus dan ketajamannya . Permasalahan autofokus sering terjadi pada lensa . 


6.Periksa mount pada lensa

Pastikan periksa hal ini jika kalian membeli kamera bekas dengan lensa bukan body only . Jika terdapat goresan goresan atau permasalahan pada uliran sebaiknya di cek dengan teliti agar tidak mendapatkan lensa ternyata yang rusak atau error . Pastikan juga mount lensa kompatibel dengan body kamera anda agar bisa digunakan 


7.Periksa bagian body kamera 

Pastikan body kamera tidak mengalami kerusakan yang parah . Jika terjadi retakan dan pecah silahkan tanya permasalahannya pada penjual kerana ditakutkan kamera habis terkena bantingan atau terjatuh . Jika ia maka harap hati hati karena ditakutkan komponen dalam lensa ada yang bermasalah. Jika hanya sebatas goresan wajar itu masih dibilang aman , karena pasti terdapat goresan mungkin pengaruh masuk dalam tas ketika hunting . Selain itu jangan lupa untuk cek karet karet pada lensa .


8.Cek semua tombol

Jangan malas untuk hal satu ini , mengecek keseluruhan tombol untuk mendapatkan hasil apakah tombol berfungsi dengan baik atau tidak (mati) . Jika beberapa tombol sudah dalam keadaan mati saya sarankan untuk menunda terlebih dahulu membeli barang tersebut . Percaya gan nanti akan ada pengganti yang sesuai intinya jangan terburu - buru.


9.Cek Layar LCD pada kamera 

Permasalahan yang sering timbul adalah LCD vignetting yaitu dimana LCD mengalami vignet di tepiannya. Jika terjadi vignetting kalian cukup pertimbangkan apakah kalian yakin untuk membelinya atau tidak , namun jika vignetiing sudah terlalu parah maka jalan satu satunya harus mengganti LCD dan itu akan memerlukan biaya tambahan . Perlu diingat biasanya LCD vignetting akan menyebar hingga keseluruhan , jadi harap berhati - hati


10.Cek hotshoe pada kamera

Hal ini berguna jika kalian membeli kamera dengan fasilitas yang memungkinkan dipasang flash eksternal . Hotshoe adalah logam kecil yang bisa ditemukan diatas kamera yang berguna untuk memasang flash eksternal tersebut . Silahkan kalian cek dengan flash eksternal apakah hotshoe berfungsi dengan baik atau justru bermasalah . Perlu diingat permasalahan lain yang sering ditemui dalam membeli kamera bekas adalah flash internal mati , maka dari itu flash eksternal diharapkan mampu berfungsi .


11.Periksa baterai , slot baterai , slot memori

Jika semua dirasa cukup , kalian juga tak boleh melewatkan yang satu ini . Silahkan cek pada slot bagian bawah kamera disitu biasanya adalah slot baterai , cek apakah ada debu atau kerusakan lainnya atau tidak . Selain itu cek apakah fungsi baterai masih baik atau tidak juga . Untuk cek slot memori biasanya dapat dilihat pada samping kamera , silahkan dicek dan dicoba apakah memori dapat terbaca atau tidak pada body kamera . 


Beberapa tips diatas semoga membantu untuk menjadi pertimbangan kalian dalam membeli kamera bekas , ingat selalu teliti agar tidak ada yang dirugikan nantinya . 


  

Tampilkan Komentar