Cara cek shutter count kamera DSLR canon dengan akurat

Oleh:   Dimas Nafik Dimas Nafik   |   12/23/2016 02:59:00 PM
Setelah kemarin membahas tentang bagaimana tips untuk membeli kamera bekas , kali ini nafik.id akan membahas tentang bagaimana cara cek Shutter count kamera canon secara akurat dengan aplikasi EOS Info . Shutter count adalah jumlah berapa banyak shutter button (tombol rana) pada kamera telah di tekan atau dengan kata lain adalah jumlah foto yang telah dihasilkan oleh kamera. Sebenarnya tidak semua harus didasarkan pada sc (shutter count) seperti pernyataan beberapa fotografer kalau sc itu bukan masalah sebenarnya , jadi jangan takut sc tinggi bisa jadi kamera cepat rusak bahkan sc rendah pun juga bisa rusak .
Dengan mengecek shutter count maka anda dapat menyimpulkan seberapa sering kamera anda digunakan dan seberapa banyak pula hasil foto yang telah diambil dengan kamera anda . Shutter count terkadang menjadi dasar seseorang untuk membeli kamera bekas karena mereka beranggapan bahwa umur kamera ditentukan dari shutter count , tapi sebetulnya tidak semua ditentukan dengan shutter count seharusnya . Banyak hal yang meyebabkan kamera itu bisa rusak bukan hanya karena shutter count . Namun secara pemikiran yang lebih simple apabila shutter count banyak maka itu juga bisa menjadi acuan bahwa bisa jadi komponen mekanisme kamera mengalami penurunan peformanya sama halnya dengan kilometer pada kendaraan yang memiliki keterbatasan usia / umur / pemakaian

Langkah-Langkah


Cara untuk mengecek shutter count kamera canon dengan akurat ini cukup simple dan mudah , kalian cukup menggunakan sebuah aplikasi bernama EOS info yang ukurannya sangat kecil hanya hitungan kb jadi tidak akan membuat kalian rugi kuota . Simak langkah langkahnya dibawah ini , dan pastikan step demi stepnya dijalankan sesuai .
     1.      Download aplikasi EOS info (896kb) dengan klik disini
     2.      Pastikan kamera dslr canon anda dalam keadaan mati atau off
     3.      Sambungkan kamera dslr canon anda ke PC atau laptop dengan kabel data kamera
     4.      Setelah itu nyalakan kamera anda
     5.      Tutup aplikasi EOS Utility jika anda menginstall aplikasi tersebut pada PC atau laptop
     6.      Buka rar EOS info yang sudah di download tadi lalu jalankan aplikasi EOSinfo.exe
     7.      Tunggu beberapa saat , dan hasil pun langsung anda ketahui
     8.      Setelah itu matikan kamera dslr canon anda , kemudian klik OK pada windows “Success”
     9.      Hasil shutter count bisa anda lihat
Aplikasi ini kompatibel dengan beberapa tipe DSLR CANON dibawah ini :
Canon Rebel XS / Canon 1000D / Canon Kiss F, Canon Rebel XSi / Canon 450D / Canon Kiss X2, Canon Rebel T1i / Canon 500D / Canon Kiss X3, Canon Rebel T2i / Canon 550D / Canon Kiss X4, Canon Rebel T3 / Canon 1100D / Canon Kiss X50, Canon Rebel T3i / Canon 600D / Canon Kiss X5, Canon Rebel T4i / Canon 650D / Canon Kiss X6i, Canon Rebel T5i / Canon 700D / Canon Kiss X7i, Canon Rebel SL1 / Canon 100D / Canon Kiss X7, Canon 40D, Canon 50D, Canon 60D, Canon 70D, Canon 6D, Canon 7D, Canon 5D Mark II, Canon 5D Mark III, Canon 1D Mark IV, Canon 1D X.

Jika kamera anda tidak ada didaftar diatas , jangan panik masih ada banyak cara untuk mengetahui shutter count kamera anda salah satunya disitus ini www.camerashuttercount.com  atau menggunakan aplikasi Opanda Exif viewer dengan klik di http://www.opanda.com/en/iexif/



Tampilkan Komentar